Translate

Senin, 28 Maret 2016

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE

1. Tujuan

Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2. Alat

Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

1. Camera Depth

Rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.

2. Multi Pass Rendering

Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.

3. DOF (Depth Of Field)

Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.

4. Compositing

Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut "chroma key", "blue channel", "green channel" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1   Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
2   Import masing-masing image sequences ke AE.
3   Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Setting Camera DOF di C4D

2. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth

3. Import masing-masing image sequences ke AE

4. Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur

7. Kesimpulan

Saya baru mencoba sampai tahap render multi pass saja. Ketidaktuntasan ini karena lamanya merender dan keterbatasan waktu praktikum. Awalnya saya mau mengemasnya saja pakai Time Lapse Assembler supaya nanti ada hasil yang bisa diupload di Youtube dan bisa ditampilkan (walaupun tidak tuntas), tapi ternyata tidak bisa. Mungkin karena format renderannya tidak cocok untuk dimasukkan ke Time Lapse Assembler.

Lulu, pada kesempatan selanjutnya saya baru bisa menuntaskannya. Alhamdulillah saya bisa mengikuti, walaupun sempat menemui sedikit kesulitan saat menambahkan DOF di AE. Beirut adalah hasilnya :


8. Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar