1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang
bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material.
Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical
Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
Hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Pada praktikum ini, saya menggunakan software 3D yang namanya Cinema 4D R16. Saya belajar menggunakan camera path, lighting, dan material. Sebelum menginjak ke praktikumnya, ada beberapa hal yang harus dipahami. Yaitu tentang perbedaan Motion Guide pada Adobe Flash dan Camera Path, perbedaan antara Physical Sky dan Area Light, serta apa yang dimaksud dengan Material.
Camera path pada Cinema 4D mungkin terdengar mirip dengan motion guide pada software animasi 2D, Adobe Flash, padahal berbeda. Perbedaan Motion Guide pada Adobe Flash dengan Camera Path pada Cinema 4D adalah salah satu fasilitas dari flash yang digunakan untuk membuat animasi motion tween bergerak sesuai jalur (guide) yang telah kita buat. Sedangkan Camera Path adalah jalur yang digunakan untuk membuat pergerakan kamera. SINGKATNYA, Motion Guide adalah jalur untuk OBJEK, sedangkan Camera Path adalah jalur untuk KAMERA.
Physical Sky pada Cinema 4D adalah fasilitas yang digunakan untuk memberi cahaya & warna langit yang bisa di-custom berdasarkan lokasi, tanggal dan jam. Area Light cahaya yang terarah dan dalam batas tertentu, baik bentuknya persegi atau lingkaran. Perbedaannya, pencahayaan dengan Physical Sky, tak hanya mempengaruhi warna langit tapi juga mempengaruhi objek yang dianimasikan. Sedangkan pencahayaan menggunakan Area Light hanya akan mempengaruhi objek yang dianimasikan, warna langit tidak ikut terpengaruh.
Material pada Cinema 4D adalah fasilitas untuk memberi warna dan tekstur pada objek. Sehingga terlihat lebih menarik. Misal pemberian tekstur dan warna pada objek, objek itu bisa diberi warna sesuka hati dan tektur yang mengkilap, dan lain sebagainya.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian
buat sebelumnya, tambahkan:
- Pergerakan kamera menggunakan teknik camera
path
- Lighting sederhana dan mudah menggunakan
Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
4. Menambahkan Material
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Alhamdulillah sejauh ini saya lancar mengikuti praktikum. Tapi ketika saya mengatur light area, ada satu bagian logo yang tidak sengaja tergeser, yaitu bagian atas logo PENS. Jadi, kelihatan agak aneh logonya, karena satu bagian logo yang posisinya kurang benar.
Alhamdulillah sejauh ini saya lancar mengikuti praktikum. Tapi ketika saya mengatur light area, ada satu bagian logo yang tidak sengaja tergeser, yaitu bagian atas logo PENS. Jadi, kelihatan agak aneh logonya, karena satu bagian logo yang posisinya kurang benar.
9. Reference
Tidak ada komentar:
Posting Komentar