Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex, edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan.
Subdivision surface merupakan salah satu metode untuk memperhalus permukaan objek dengan metode iterasi secara matematis. Prinsip subdivision surface adalah menambahkan titik baru pada sudut bidang sehingga membentuk bidang permukaan yang halus atau tidak menyudut
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Target Aset yang akan dibuat
Membuat bentuk polygon dasar
Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Saat saya membuat bentuk poligon dasar, saya agak kesulitan, karena video tutorialnya tidak ada suaranya. Dan ketika saya membuat lipnya, tangan saya yang selalu gemetar ini tidak bisa bagus membuatnya, 'mencong' kalau istilah jawanya. Jadi, saya menggunakan multi panel sebagai solusi untuk membuat lipnya supaya lebih bagus dan presisi.
9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
Tidak ada komentar:
Posting Komentar