1. Tujuan
Praktikum ini
berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan
ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan
Capsule.
2. Alat
Adobe
Illustrator CC
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
1. NURBS Modelling
NURBS Modeling bisa juga disebut dengan Implicit Surfaces, merupakan teknik pemodelan yang menggunakan perhitungan matematika. Biasanya menggunakan curve
2. Cara kerja Sweep di Cinema 4D
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
3. Bump Map pada Material Setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
3. Bump Map pada Material Setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.
5. Tugas
Praktikum
Tirukan petunjuk
praktikum yang diberikan
6. Petunjuk
Praktikum
Extrude text
kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
Membuat material
yang bersifat Glossy
7. Hasil
Praktikum
Tahap 1
Tahap 1
Tahap 2
8. Kesimpulan
Alhamdulillah. Sejauh ini, saya bisa mengikuti tiap langkah pengerjaan. Akan tetapi, pada tahap ke dua, saya mengganti warna hitam & abu-abu dengan biru tua & biru muda supaya terlihat cocok.
9. Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar